Username :
Password :
Login

 
Total Judul : 8901
Total Eksemplar : 18579
 
 

 Katalog Buku

 Koleksi Putusan MK
 Sekilas Perpustakaan
 Aturan Perpustakaan
 Layanan Perpustakaan
 Fasilitas Perpustakaan
 Ruang Perpustakaan
 Lokasi MKRI

 
 
 
Academic and Workplace Sexual Harassment :  A Handbook of Cultural, Social Science, Management, and Legal Perspectives
Aceh : A New Dawn
A Financial History of Modern U.S. Corporate Scandals : From Enron to Reform
Ageing in Southeast and East Asia : Family, Social Protection and Policy Challenges
A Lawyer's Handbook for Enforcing Foreign Judgments in the United States and Abroad
+ Index


 

Selamat Datang di Situs Perpustakaan MKRI


Perpustakaan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia adalah Perpustakaan khusus yang mengoleksi informasi tentang Hukum dan Tata Negara, serta informasi yang berkaitan dengannya seperti Politik, Administrasi Negara serta Sejarah dan Biografi.


Perpustakaan MKRI merupakan unit pendukung bagi Hakim Konstitusi, Tenaga Ahli, serta Peneliti di Mahkamah Konstitusi, dengan peran seperti itu Perpustakaan MKRI secara organisasi berada dibawah Pusat Penelitian dan Pengkajian, Sekretariat Jenderal MKRI.

Buku Terbaru
Judul : Demokrasi dan pemilu di Indonesia
Pengarang : Janedjri M. Gaffar
Tahun Terbit : 2013
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Konstitusi Press
ISBN/ISSN : 978-602-7995-05-5

Abstraksi :

Demokrasi telah menjadi arus utama negara-negara modern. Prasyarat negara demokrasi modern adalah penyelenggaraan Pemilu. Pemilu merupakan mekanisme utama dan prasyarat bagi demokrasi perwakilan. Pemilu diselenggarakan untuk mewujudkan tujuan demokrasi, yaitu pemerintahan dari, oleh, dan untuk rakyat. Untuk mencapai tujuan tersebut, penyelenggaraan Pemilu harus mencerminkan nilai-nilai demokrasi. Sistem demokrasi perwakilan bertujuan agar kepentingan dan kehendak warga negara tetap dapat menjadi bahan pembuatan keputusan melalui orang-orang yang mewakili mereka. Di dalam gagasan demokrasi perwakilan, kekuasaan tertinggi (kedaulatan) tetap di tangan rakyat, tetapi dijalankan oleh wakil-wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat sendiri. Teori negara demokrasi dan teori negara hukum dibahas dalam buku ini yang berpengaruh besar dengan diakomodasinya mekanisme penyelesaian sengketa pemilu dan prinsip-prinsip bagi MK mengawal Pemilu yang demokratis. Penulis juga membahas praktik penyelenggaraan Pemilu sejak orde lama sampai dengan era reformasi disertai dengan analisis perbandingan antar periode yang penting untuk rekomendasi perbaikan pemilu ke depan. Buku ini juga mengulas secara menarik penyelesaian sengketa pemilu di Indonesia dan perbandingan penyelesaian sengketa pemilu di berbagai negara.

Judul : Kumpulan Kitab Undang-Undang Hukum: KUH Perdata, KUHP, KUHAP
Pengarang : Wacana Intelektual
Tahun Terbit : 2014
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Wacana Intelektual
ISBN/ISSN : 9786028936477

Abstraksi :

Buku kumpulan Kitab Undang-Undang Hukum ini adalah merupakan kumpulan dari 3 buah Kitab Undang-Undang pokok yang sangat penting di bidang hukum di Indonesia. Buku ini terdiri dari Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, dan Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana.

Judul : Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN)
Pengarang : Pustaka Yustisia
Tahun Terbit : 2015
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Pustaka Yustisia
ISBN/ISSN : 9789793411682

Abstraksi :

Setelah melalui proses yang cukup panjang, pada tanggal 19 Desember 2013 DPR memutuskan RUU Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ditandatangani oleh Presidan pada 15 Januari 2014. Undang-Undang ASN ini menggantikan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1975 juncto Undang-Undnag Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Pokok-Pokok Kepegawaian.

Judul : Hukum Tata Usaha Negara dan Kekuasaan
Pengarang : Paulus Effendi Lotulung
Tahun Terbit : 2013
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Salemba Humanika
ISBN/ISSN : 9786028555760

Abstraksi :

Buku Hukum Tata Usaha Negara dan Kekuasaan ini merupakan kumpulan berbagai tulisan yang mengetengahkan uraian mengenai peradilan tata usaha negara (peratun) atau peradilan administrasi. Selain itu, dalam buku ini disajikan mengenai permasalahan-permasalahan peratun dan disusun secara kronologis.

Judul : Hukum Acara Peradilan Agama
Pengarang : Roihan A. Rasyid
Tahun Terbit : 2015
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Rajawali Pers
ISBN/ISSN : 9789797695170

Abstraksi :

Peradilan Agama merupakan peradilan negara yang sah. Di samping sebagai Peradilan Khusus. Peradilan Agama adalah Peradilan Islam di Indonesia yang diberi wewenang oleh peraturan perundang-undangan negara untuk mewujudkan hukum material islam dalam batas-batas kekuasaannya. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Peradilan Agama dahulunya menggunakan hukum acara yang terserak-serak dalam berbagai peraturan perundang-undangan, bahkan juga hukum acara dalam bentuk hukum formal Islam yang belum diwujudkan dalam bentuk undang-undang negara Indonesia. Namun kini, setelah terbitnya UU Nomor 7 Tahun 1989, yang mulai berlaku sejak diundangkan pada tanggal 29 Desember 1989, hukum acara Peradilan Agama menjadi konkret. Berdasarkan ketentuan undang-undang tersebut, hukum acara yang berlaku pada pengadilan dalam lingkungan Peradilan Agama adalah Hukum Acara Perdata yang berlaku dalam lingkungan Peradilan Umum, kecuali yang telah diatur secara khusus dalam undang-undang tersebut. Selain itu, undang-undang tersebut juga mengatur sumber hukum secara Peradilan Agama. Dari ketentuan undang-undang ini, semakin disadari bahwa untuk dapat beracara di muka Peradilan Agama, seseorang harus memahami hukum acara yang termuat di UU Nomor 7 Tahun 1989 secara baik dan benar karena beracara di muka Peradilan Agama tidaklah semudah yang diperkirakan, bahkan mungkin lebih sulit dari beracara di muka Peradilan Umum. Oleh karena itu, buku Hukum Acara Peradilan Agama ini dapat dijadikan acuan dalam memahami hukum acara peradilan agama, karena materi yang disajikan tidak hanya merupakan gabungan antara teori dan praktik, tapi juga permasalahan-permasalahan yang bisa ditemukan dalam proses perkara di muka Pengadilan Agama beserta pemecahannya.

Buku Populer
 
 
 
 

 
 
tes
 
  Kalender
 
       

Home | Forum | Help | Kontak Kami
Copyright © 2008, MKRI Library, all rights reserved.