Username :
Password :
Login

 
Total Judul : 8684
Total Eksemplar : 17874
 
 

 Katalog Buku

 Koleksi Putusan MK
 Sekilas Perpustakaan
 Aturan Perpustakaan
 Layanan Perpustakaan
 Fasilitas Perpustakaan
 Ruang Perpustakaan
 Lokasi MKRI

 
 
 
Academic and Workplace Sexual Harassment :  A Handbook of Cultural, Social Science, Management, and Legal Perspectives
Aceh : A New Dawn
A Financial History of Modern U.S. Corporate Scandals : From Enron to Reform
Ageing in Southeast and East Asia : Family, Social Protection and Policy Challenges
A Lawyer's Handbook for Enforcing Foreign Judgments in the United States and Abroad
+ Index


 

Selamat Datang di Situs Perpustakaan MKRI


Perpustakaan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia adalah Perpustakaan khusus yang mengoleksi informasi tentang Hukum dan Tata Negara, serta informasi yang berkaitan dengannya seperti Politik, Administrasi Negara serta Sejarah dan Biografi.


Perpustakaan MKRI merupakan unit pendukung bagi Hakim Konstitusi, Tenaga Ahli, serta Peneliti di Mahkamah Konstitusi, dengan peran seperti itu Perpustakaan MKRI secara organisasi berada dibawah Pusat Penelitian dan Pengkajian, Sekretariat Jenderal MKRI.

Buku Terbaru
Judul : Yurisprudensi Hukum Acara Dalam Putusan Mahkamah Konstitusi
Pengarang : edited by Achmad Edi Subiyanto
Tahun Terbit : 2014
Kota Terbit : Malang
Penerbit : Setara Press
ISBN/ISSN : 9786021642245

Abstraksi :

Mahkamah Konstitusi dalam menyelenggarakan peradilan untuk memeriksa, mengadili, dan memutus perkara tetap mengacu pada prinsip penyelenggaraan kekuasaan kehakiman, yakni antara lain dilakukan secara sederhana dan cepat. Dalam menyelenggarkan peradilan, MK menggunakan hukum acara umum dan hukum acara khusus. Hukum acara yang digunakan oleh MK adalah berdasarkan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-undang No 24 Tahun 2003 Tentang mahkamah Konstitusi, Peraturan Mahkamah Konstitusi, dan dalam praktik, yakni putusan MK.

Judul : HMI 1963-1966 Menegakkan Pancasila di Tengah Prahara
Pengarang : M. Alfan Alfian
Tahun Terbit : 2013
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Kompas Media Nusantara
ISBN/ISSN : 9789797097127

Abstraksi :

"Periode 1963-1966, merupakan periode yang sangat kritis bagi Indonesia maupun HMI dengan musuh bersama yaitu pihak komunis yang tergabung dalam Partai Komunis Indonesia (PKI) dan organisasi yang berafiliasi dengannya seperti CGMI dan BTI (Barisan Tani Indonesia). Waktu itu PKI ingin mengganti Pancasila dengan ideologi komunis yang dipaksakan dengan berbagai cara. PKI berhasil pula mempengaruhi Pemimpin Besar Revolusi, Bung Karno, sehingga menciptakan konsep ‘Nasakom’ (Nasionalis-Agama-Komunis). Menurut Sayidiman, bahkan Pancasila dari lima sila diperas sampai menjadi hanya satu sila yaitu gotong-royong, hal itu akibat pengaruh PKI. Eka Sila ‘Gotong royong’ di sinilah yang menjadi kemenangan komunis atas kelompok nasionalis dan Islam, yang masing-masing diwakili PNI dengan sejumlah partai lainnya serta Masyumi (dibubarkan 1960) dan NU. HMI turut memainkan peran penting dalam perlawanan terhadap PKI. Bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat dan elemen lainnya, setelah pemberontakan G30S/PKI, menggalang kekuatan secara nasional mengganyang PKI. Pemerintah yang baru (Orde Baru) akhirnya resmi membubarkan dan melarang PKI di Indonesia."

Judul : Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara
Pengarang : Dwi Putri Cahyawati
Tahun Terbit : 2011
Kota Terbit : Depok
Penerbit : Gramata
ISBN/ISSN : 978-602-8986-29-8

Abstraksi :

Dalam suatu negara hukum tidaklah mungkin dapat mengesampingkan Hukum Tata Usaha Negara, sehingga diperlukan hadirnya suatu Peradilan Tata Usaha Negara. Penataan kekuasaan kehakiman di Indonesia yang juga menyentuh pembenahan Peradilan Tata Usaha Negara mendorong kebutuhan bagi seluruh kalangan untuk mengetahui mengenai bagaimana Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara yang terkini sesuai dengan perubahan struktur Kekuasaan Kehakiman Pasca Perubahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Buku ini menyajikan pembahasan secara komprehensif Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara. Buku ini juga membahas secara analitis tentang kehadiran UU No. 51 Tahun 2009 tentang perubahan kedua atas Perundang-undangan yang terkait lainnya.

Judul : Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer
Pengarang : Jujun S. Suriasumantri
Tahun Terbit : 2013
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Pustaka Harapan
ISBN/ISSN : 9789794168998

Abstraksi :

Buku ini merupakan Sumbangan berharga bagi dunia perbukuan yang masih gersang. sebab, merupakan buku filsafat ilmu, pertama di Indonesia, yang ditulis secara populer; sangat komprehensif, karena selain membahas filsafat ilmu (an sich) juga membahas masalah bahasa, sangkut paut ilmu dengan kebudayaan, dan masalah penulisan ilmiah.

Judul : Hukum Administrasi dan Tindak Pidana Korupsi
Pengarang : Philipus M. Hardjon
Tahun Terbit : 2012
Kota Terbit : Yogyakarta
Penerbit : Gajah Mada University Press
ISBN/ISSN : 979-420-765-9

Abstraksi :

Peran hukum administrasi tidak bisa diabaikan dalam kaitannya dengan tindak pidana korupsi, baik dari segi preventif maupun represif. Instrumen hukum yang utama untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih adalah hukum administrasi. Dengan demikian peran hukum administrasilah yang diharapkan untuk mencegah korupsi, karena korupsi berkaitan dengan penggunaan wewenang. Oleh karena itu pemahaman akan hukum administrasi dan pembangunan hukum administrasi mutlak diperlukan. Kenyataan menunjukkan saat ini pemahaman hukum administrasi masih sangat minim dan bahkan banyak yang salah mengartikan hukum administrasi. Demikian juga pembangunan hukum administrasi nampaknya tidak sistematis dan tidak fundamental. Penanganan tindak pidana korupsi masih lebih fokus pada aspek hukum pidana, dan sedikit sekali perhatian terhadap hukum administrasi. Buku ini memaparkan konsep dasar hukum administrasi dan kisi-kisi hukum administrasi. Kisi-kisi tersebut meliputi: konsep-konsep tentang wewenang, diskresi, tanggung jawab jabatan dan tanggung jawab pribadi serta konsep penyalahgunaan wewenang.

Buku Populer
 
 
 
 

 
 
tes
 
  Kalender
 
       

Home | Forum | Help | Kontak Kami
Copyright © 2008, MKRI Library, all rights reserved.