Username :
Password :
Login

 
Total Judul : 8559
Total Eksemplar : 17560
 
 

 Katalog Buku

 Koleksi Putusan MK
 Sekilas Perpustakaan
 Aturan Perpustakaan
 Layanan Perpustakaan
 Fasilitas Perpustakaan
 Ruang Perpustakaan
 Lokasi MKRI

 
 
 
Academic and Workplace Sexual Harassment :  A Handbook of Cultural, Social Science, Management, and Legal Perspectives
Aceh : A New Dawn
A Financial History of Modern U.S. Corporate Scandals : From Enron to Reform
Ageing in Southeast and East Asia : Family, Social Protection and Policy Challenges
A Lawyer's Handbook for Enforcing Foreign Judgments in the United States and Abroad
+ Index


 

Selamat Datang di Situs Perpustakaan MKRI


Perpustakaan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia adalah Perpustakaan khusus yang mengoleksi informasi tentang Hukum dan Tata Negara, serta informasi yang berkaitan dengannya seperti Politik, Administrasi Negara serta Sejarah dan Biografi.


Perpustakaan MKRI merupakan unit pendukung bagi Hakim Konstitusi, Tenaga Ahli, serta Peneliti di Mahkamah Konstitusi, dengan peran seperti itu Perpustakaan MKRI secara organisasi berada dibawah Pusat Penelitian dan Pengkajian, Sekretariat Jenderal MKRI.

Buku Terbaru
Judul : Hukum Tata Negara Perbandingan
Pengarang : Sjachran Basah
Tahun Terbit : 2012
Kota Terbit : Bandung
Penerbit : Alumni
ISBN/ISSN : 979-414-040-6

Abstraksi :

Hukum tata negara perbandingan merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan di bidang ilmu kenegaraan. Hukum ini mempelajari dan menganalisis sifat-sifat dan bentuk tata negara, dengan memperhitungkan segala aspek yang mempengaruhinya, sebagaimana terlihat dari situasi dan kondisi negara yang bersangkutan. Tujuannya yang lebih jauh, untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang bersifat teoretis sebagai bahan-bahan bagi kesuburan dan perkembangan ilmu negara. Sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan kenegaraan yang masih muda usianya, hukum tatanegara perbandingan pada umumnya mempunyai objek berbagai negara. Menurut R. Kranenburg, ilmu pengetahuan yang berobjekkan negara selalu mengalami proses, perkembangan dan diferensiasi, dan daripadanya dihasilkan hukum tatanegara perbandingan. buku ini di samping memberi pengantar kepada hukum tatanegara perbandingan, juga memuat contoh-contoh yang berasal dari negara Inggris, Amerika, Soviet Uni dan Jerman Barat.

Judul : Bergulat Dengan Krisis dan Pemulihan Ekonomi Indonesia
Pengarang : J.Soedradjad Djiwandono
Tahun Terbit : 2001
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Pustaka Sinar Harapan
ISBN/ISSN : 979-416-722-3

Abstraksi :

Krisis Indonesia dimulai dengan tertekannya nilai tukar rupiah, yang kemudian menjadi krisis moneter (krismon), dan setelah meluas dan mendalam berkembang menjadi krisis total (kristal), menyangkut hampir semua aspek kehidupan masyarakat. proses ini terjadi dengan cepat, meluas dan mendalam, jauh melampaui perkiraan kebanyakan orang, termasuk para ahli, bahkan mereka yang pesimis sekalipun. pembahasan, analisis, pemberitaan serta penulisan mengenai terjadinya krisis di Asia, banyak dilakukan sejak timbulnya gejolak yang berkembang menjadi krisis ini. saya melihat bahwa hal ini akan berlangsung cukup lama; menganalisis sebab terjadinya, mempelajari kesamaan dan perbedaan kasus yang satu dengan yang lain.

Judul : Penjelasan Hukum Tentang Cessie
Pengarang : Rachmad Setiawan, J. Satrio
Tahun Terbit : 2010
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Nasional Legal Reform Program
ISBN/ISSN : 978-602-98220-1-4

Abstraksi :

Ketidakpastian hukum merupakan masalah besar dan sistemik yang mencakup keseluruhan unsur masyarakat. Di samping itu, ketidakpastian hukum juga merupakan hambatan untuk mewujudkan perkembangan politik, sosial, dan ekonomi yang stabil serta adil. Ketidakpastian ini umumnya bersumber dari hukum tertulis yang tidak jelas dan kontradiktif satu sama lain. Selain itu, juga karena ketidakpastian dalam penerapan hukum oleh institusi pemerintah ataupun pengadilan. Cessie, sebagai salah satu pokok bahasan Restatement, dalam bebrapa tahun terakhir banayk dipermasalahkan di dalam keputusan-keputusan pengadilan. Oleh karena itu, kita perlu mempunyai pengertian yang sama mengenai apa itu cessie, bagaimana cara penyerahannya, kapan cessie selesai, bagaimana akibat hukum terhadap cessus, dan bagaimana hubungannya dengan titel penyerahannya. Semua ini agar penerapannya bisa lebih diterima oleh para pencari keadilan.

Judul : Sistem Jaminan Sosial Nasional: Pilar Penyangga Kemandirian Perekonomian Bangsa
Pengarang : Achmad Subianto
Tahun Terbit : 2011
Kota Terbit : Jakarta
Penerbit : Gibon Books
ISBN/ISSN : 978-979-773-036-9

Abstraksi :

Terlepas dari sistem Ekonomi yang Dianut Oleh suatu Negara, merupakan suatu keharusan bagi negara berikut semua aparaturnya untuk mensejahterakan seluruh warga dan penduduknya. Tugas dan fungsi yang bersifat imperatif ini biasanya diatur dalam UUD atau berbagai peraturan lainnya. Selain merupakan mandat konstitusional, kewajiban mensejahterakan kawulanya merupakan keharusan secara etis dan moral. UUD Republik Indonesia secara tegas dan jelas mengamanatkan hal ini. Kewajiban bernegara untuk membangun suatu sistem agar kesejahteraan lahir dan batin ini tidak terabaikan biasanya diatur dalam suatu lembaga dan lembaga yang demikian itu umumnya dikenal dengan predikat 'sistem jaminan sosial' atau social securuty system.

Judul : 70 Tahun Prof. Dr. H. Bagir Manan, SH, M.CL : Ketekunan, Keteguhan , Kesabaran, Memajukan Hukum dan Demokrasi
Pengarang : Hikmat Kusumaningrat
Tahun Terbit : 2011
Kota Terbit : Bandung
Penerbit : PT Remaja Rosdakarya
ISBN/ISSN : 978--979-692-066-2

Abstraksi :

Di tengah kondisi pers sekarang yang dalam pemberitaannya telah melakukan desakralisasi pada hal-hal yang sebelumnya tabu untuk dilakukan, upaya Pak Bagir Manan menjaga kemerdekaan kekuasaan kehakiman yang dijamin oleh konstitusi, acapkali ditafsirkan secara keliru. Semoga melalui penulisan biografi ini, kesalahpahaman tersebut dapat memperoleh kejelasan

Buku Populer
 
 
 
 

 
 
tes
 
  Kalender
 
       

Home | Forum | Help | Kontak Kami
Copyright © 2008, MKRI Library, all rights reserved.